Saudaraku di jalan Allah . .”Semoga kalian dapat Memel!hara Anak Anak kalian dari perkara yang makruh (di benci)

Ahli ilmu,Tarbiyah,dan tazkiyah,mewaspadai dengan penuh waspada,dan Perhatian yang konsisten kepada putra putri kita tentang perilaku berbicara mereka,baik ketika berada di rumah khususnya maupun ketika mereka berkumpul dengan teman teman mrka umumnya ;
Apa yang mereka sering ucapkan.?
Apakah pembicaraanya beradab(santun) ?
Apakah ada lapadz yang mengandung hormat?
Apakah kata kata mereka baik?
Apakah berbicara tentang yang baik?
Apakah pembicaraanya ,dalam ketaatan kepada Allah,dan keridoannya?

Wahai Umat islam,Para Ayah dan ibu? . .
Semuanya itu,merupakan kewaj!ban bag! Kita untuk memperhatikannya dan mewaspadainya.sebab siapa yang tidak mewaspadai anak anaknya dari semua itu,maka ia akan menyesal dan merug! Di waktu yang dekat,ia akan mendengar dari mereka pembicaraan yang berbahaya,dan yang kotor, yang terbiasa oleh mereka di waktu kec!lnya,dan ketika meng!njak dewasa ,hal itu akan berubah menjadi watak dan akhlak mereka,apalag! Kedua orang nya jika tidak mendidik mereka untuk meninggalkan bahanya,dankerug!annya, maka Allah akan benci nya. .
Maka berhati hatilah, ketika itu, waktu telah berlalu,hanyalah penyasalah dan kerug!an.

Sesungguhnya,saudaraku,
kita sekarang ini banyak mendengar dari anak anak,mereka berbicara dengan banyak kalimat yang dapat membuat Allah murka seperti :
(Hei . .Anjing,keledai,busuk,hewan,kotor,Allah melaknatmu,Allah membinasakanmu,bodoh)Dan yang lainnya dri lapadz2 سوقية (pasar), Rasulullah saw melarang dan Memperingati dari bahaya nya.
Maka dari manakah mereka mempelajarinya ?
Semua itu mereka pelajari,tiada lain kecuali,antara dari televisi,dari Teman yang jeleknya,sekolah sekolah mereka,dan di jalanan umum;
Maka إنا لله وإن إليه راجعون.

Semoga Allah memel!hara anak anak kita dari semua Lapadz yg berbahaya tadi ,yang dapat meruntuhkan Akhalak,sosial,dan keluarga,
Maka Dari sekaranglah , hei siapa saja yang memiliki anak brprilaku seperti itu,Awasi selalu mereka,berilah mereka pengetahuan bahaya kalimat2 tersebut.dan supaya mereka membenci kalimat tersebut,serta didik pula mereka pendidikan yang baik,niscaya engkau akan bersyukur.

Bila engkau temukan mereka berbicara dengan kata kata itu, maka tegurlah , pukulah mereka dngan pelan,dan cegahlah dari perkara yang disukai mereka seh!ngga mereka mengetahui dan beradab.

Telah meriwayat kan ulama kisah dari dua imam besar di hadramaut_yaitu
Sayiduna Alimam Alhabib Thahir bin husain bin tharir,dan sayiduna Alimam Alhabib Abdullah bin husain bin thah!r

Bahwasanya ketika mereka berdua kecil ( Bibinyalah yang mendidik mereka,dan bila ia mendengar mereka berbicara yang buruk dan kotor,maka ia menghukumnya dengan miswak(Alat siwak/sikat g!g!),ia 9osokan kemulut keduanya sampai keluar darah lalu ia berkata : ” lihat Apa yang kalian berdua katakan dari kata kata yang kotor itu,ia berubah menjadi darah yang kotor,mengertilah kalian dan takutlah kepada Allah )!! . .
__semoga Allah meridoi keduanya dan bibi mereka yang telah mendidiknya penuh kebaikan__

Mar!lah untuk selalu kita dalam memperingati mereka,Wahai Para Ayah dan ibu Anak anak kalian Adalah Amanat,maka laksanakan amanat tersbut sebaik baiknya,jika tidak !maka siapa saja yang tidak sepenuhnya mengajari putra putri nya ,maka mereka akan mencela kalian dan berada di hadapan Allah untuk mempertanggung jawab kan pendidikan kalian,Dan Allah akan memberi siksa seped!h ped!hnya ,serta di duniapun mereka menjadi mus!bah ,bencana,fitnah,dan kepayahan.

اللهم يامن وفق أهل الخير للخير وأعانهم وفقنا للخير وأعناعليه

___”Ya Allah Yang memberi Taufiknya kepada Orang baik,untuk berbuat baik ,bantulah mereka,juga Berikami taufik untuk berbuat baik dan bantulah kami”____

Tinggalkan komentar